Tuesday, June 11, 2013

Laporan Perjalanan Gunung Soputan 1.870 mdpl

Kronologi Perjalanan ( Gunung Soputan 1.784 m (5.853 kaki) )

Untuk penggembaraan terakhir yang kami tujui yaitu Gunung Soputan. Berjarak sekitar 50 kilometer di sebelah baratdaya-selatan kota Manado dan berjarak sekitar 12 kilometer di sebelah timur laut kota Tombatu Kabupaten Minahasa Tenggara. Gunung Soputan adalah sebuah gunung yang terletak di provinsi Sulawesi Utara. GUnung ini tercatat telah terjadi letusa yang cukup sering dalam rentang waktu beberapa tahun sekali.

Pada tanggal 28-30 Januari 2011. Jumat 28 Januari 2011 pukul 13.30 kumi mulai berkumpul di sekertariat Mpa Artsas untuk mempersiapkan segala sesuatu yang kami perlukan di dalam penggembaraan ini. Kami tim yang tergabung dalam perjalanan ke Gunung Soputan terbagi 2 Kelompok. Kelompok pertama berangkat pada Jumat sore dan kelompok yang ke 2 berangkat di hari sabtu sore.

Pukul 15:00 kami kelompok pertama berangkat dari sekretariat ke terminal karombasan. Saat tiba di karombasan kami menunggu bus yang ke arah Kawangkoan. Saat bus terisi penuh dengan penumpang mobil yang kami naiki pun jalan dengan kecepatan penuh. Pukul 17:45 kami tiba di terminal Kawangkoan dan kami melanjutkan perjalanan dengan transportasi daerah yaitu Bendi. Dengan transportasi bendi waktu yang di perlukan kira-kira 15-20 menit jarak yang kami tempuh untuk ke lokasi pendakian ke Gunung Soputan tepatnya di desa Pinabetengan.

Saat kami tiba di lokasi Startnya pendakian kami mampir di rumah salah 1 warga yang kami kenal dengan nama K’Alvin, dan kami pun meminta izin untuk pendakian pada salah 1 Kuntua yang ada di desa Pinabetengan. Pukul 18:00 kami memulai pendakian dengan mengikuti jalur dari desa Pinabetengan, saat di tengah perjalanan kami bertemu dengan beberapa pendaki yang juga kenalan kami. Langkah demi langkah jalan yang kami lalui semakin mengecil dan semakin terjang serta pepohonan yang menutupi jalan membuat jalur perjalanan kami semakin melambat.

Pukul 20:15 kami tiba di Pos 1 yang dipenuhi dengan Pohon pinus, kami pun beristirahaht untuk memulihkan tenaga sekitar 10-15 menit dan setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke Pos 2, saat perjalanan ke Pos 2 kami melewati jalan air yang begitu deras dan dalam serta udara yang semakin dingin membuat tubuh kami menggigil, tapi kami tetap semangat dan terus maju.

Waktu berlalu, pukul 22:50 kami tiba di Pos 2 atau dikenal dengan Bascamp Hutan Pinus 2. Kami pun menyiapkan tenda dan peralatan untuk makan malam dan setelah itu kami harus beristirahat dan memulihkan tenaga untuk perjalanan ke puncak gunung.

Sabtu pagi 29 Januari 2011 adalah pagi yang cerah untuk melanjutkan perjalanan, kami tim penggembaraan sangat semangat dalam perjalanan ke puncak Soputan, dalam perjalanan kami bertemu dengan beberapa orang pendaki yang juga akan menuju ke puncak. Jalan untuk ke puncak begitu terjang, untuk mencapai puncak Soputan kami harus mendaki dengan memanjat, karna medan yang harus ditempuh sangat terjang dan hanya pasir dan batu yang ada di sekitar kita.

2 jam berlalu, kami pun tiba di puncak dan mengabadikan dokumentasi. Cuaca saat di puncak cepat sekali berubah, dalam beberapa menit kabut menutupi kami tim.

Setelah mengambil dokumentasi dan beristirahat kami tim penggembaraan kembali lagi ke Bascamp. Butuh waktu 2 jam lebih untuk kembali ke Bascamp. Saat perjalanan ke Bascamp kami di terpa hujan yang begitu deras, Pukul 12:50 kami tiba di Bascamp dan langsung langsung menyiapkan makan siang, karna perut kami begitu lapar dan lelah. Setelah makan siang selesai kami beristirahat sampai sore menjelang malam.

Hujan makin keras, di malam hari kami memperbaiki tenda yang sudah terisi air hujan, dan setelah itu kami menyiapkan makan malam. Saat kami menyiapkan makan malam,  kelompok yang ke 2 tiba di lokasi bascamp dan kami membantu mereka untuk mendirikan tenda dan membuatkan makanan untuk makan malam mereka. Setelah makan kami anggota muda dan badan pengurus mengadakan breaving untuk rencana esok pagi. Setelah breaving kami pun langsung disuru tidur oleh kakak-kakak senior.

Pukul 02:30 terdengar suara yang memanggil kami anggota muda yang sedang tidur di tenda dan menyuruh kami ke luar tenda untuk mengadakan acara pengambilan nama angkatan. Di pagi hari yang begitu gelap dan hujan rintik-rintik membasahi tubuh kami yang kering dan kaku karena suhu tubuh yang begitu dingin memaksakan kami untuk tetap bertahan hidup dengan lingkungan yang tak biasa kami hadapi.

Saat inilah kami anggota muda di uji oleh para senior-senior dan di didik secara mental maupun fisik. Acara terus berjalan sampai pukul 07:00 dan dilanjutkan dengan pemberian nama angkatan Zenith kepada kami anggota MPA ARTSAS yang belum lama bergabung. Setelah acara selesai kami menyiapkan makan malam untuk persiapan kami pulang nanti. Pukul 11:00 kami kembali ke Manado dan setelah tiba di Manado kami kembali ke rumah kami masing-masing.

Data Untuk Gunung Soputan

Gunung Soputan dengan ketinggian 1.870 mdpl ini adalah salah satu gunung api yang paling aktif di dunia ini terletak di Kabupaten Minahasa Selatan-Sulawesi Utara.
- Gunung ini memiliki 2 Puncak yang dikenal dengan puncak besar dan puncak kecil dan 80% pasir dan sisanya bebatuan serta banyak bunga kering yang tumbuh di kaki gunung anak.

Flora dan Fauna

Flora di gunung ini beragam-ragam mulai dari bunga Edelweis, Kantung Semar, Pohon Pinus, Strawberry Hutan, Buah Klenten, dll.
Fauna yang ada di gunung ini juga bermacam-macam fauna, mulai dari Babi Hutan, Kelelawar, Tikus Hutan, Ular, Kodok, dll.